0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belum Kantongi Ijin, Pengolahan Bangkai Ikan Ditutup

dok.timlo.net/tarmuji
Dinas gabungan tutup paksa pengolahan pakan ternak bangkai ikan (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Pengolahan pakan ternak berbahan baku bangkai ikan milik Puji Widodo (40) warga Dusun Dawe Jatisari RT2/RW14 Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri ditutup sementara. Hal itu dilakukan setelah empat dinas terkait, yakni Disnakperla, KLH, BPMPP, SatpolPP terjun ke lokasi melakukan penutupan lokasi usaha itu.

“Sesuai dengan peraturan daerah, karena usaha ini belum mengantongi ijin atau ilegal, kami tutup paksa,” ungkap Supriyanto, Kasie Binwas Satpol PP Wonogiri mewakili Kepala Satpol PP, Waluyo, Rabu (27/5).

Menurutnya, pemilik pengolahan pakan ternak ini harus segera mengurus perijinan jika ingin melanjutkan usahanya. Yang jelas, lanjutnya, pemilik usaha ini harus mengantongi ijin gangguan lingkungan (HO), dan ijin usaha, semuanya diproses di kantor BPMPP.

“Untuk mendapatkan ijin, sebenarnya prosesnya tidak lama kok, paling seminggu sudah kelar,” ujarnya.

Kabid Perikanan Disnakperla Wonogiri Heru Sutopo, menambahkan, ecara teknis, pengolahan pakan ternak (bangkai ikan) ini harus dilakukan penyemprotan dengan cairan khusus, untuk menghilangkan bau. Seperti diketahui sebelumnya, penutupan pengolahan pakan ternak ini lantaran adanya keluhan warga, dimana bau bangkai ikan membuat polusi.

“Limbahnya kan bisa menyebar kemana-mana,maka perlu disemprot dengan cairan herbal, agar efeknya tidak berbahaya,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge