0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nakes Lulus LN Harus Ikut Evaluasi Kompetensi

dok.timlo.net/tyo eka
Seminar Nasional UU Nakes Sebagai Payung Hukum Tenaga Kesehatan Indonesia di Era MEA 2015, di Auditorium UMS (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah, Dr Mulyo Prasetyo menyatakan, bahwa tenaga kesehatan (Nakes) lulusan luar negeri(LN) yang melakukan praktik di Indonesia harus mengikuti proses evaluasi kompetensi.

Pernyataan itu disampaikan pada acara Seminar Nasional UU Nakes Sebagai Payung Hukum Tenaga Kesehatan Indonesia di Era MEA 2015, di Auditorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kampus Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (27/5).

“Uji Kompetensi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” jelasnya.

Sedang tenaga kerja warga negara asing, menurut Mulyo, dilakukan dengan mempertimbangkan alih teknologi dan ilmu pengetahuan serta kesetersediaan tenaga kesehatan setempat.

Ditegaskan, setiap tenaga kesehatan yang menjalankan praktek di bidang pelayanan kesehatan wajib memiliki ijin yang diberikan dalam bentuk SIP. SIP diberikan oleh pemerintah daerah kabupaten/kota atas rekomendasi pejabat kesehatan yang berwenang di kabupaten/kota tempat tenaga kesehatan menjalankan praktiknya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge