0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Bakal Tambah 3 Kelurahan

dok.timlo.net/daryono
FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan melakukan pemekaran terhadap dua kelurahan di Kota Bengawan. Kedua kelurahan tersebut adalah Kelurahan Kadipiro di Kecamatan Banjarsari dan Kelurahan Semanggi di Kecamatan Pasar Kliwon. Keduanya akan dimekarkan menjadi lima kelurahan baru.

“Pemekarannya adalah Kelurahan Kadipiro akan dimekarkan menjadi tiga kelurahan, dan Kelurahan Semanggi akan jadi dua Kelurahan,” ungkap Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (26/5).

Rudy mengatakan pertimbangan pemecahan kelurahan tersebut adalah jumlah rasio penduduk. Dirinya mengungkapkan Kelurahan Kadipiro memiliki jumlah penduduk lebih banyak dari Kecamatan Serengan.

Kelurahan baru tersebut saat ini sedang dicarikan nama yang terbaik. Namun berdasarkan wilayah yang akan dimekarkan, kemungkinan nama kelurahan itu adalah Sekip, Joglo, dan Kadipiro. Namun salah satu Kelurahan tersebut dipastikan akan ada nama Kelurahan Banjarsari sesuai dengan nama kecamatan yang menaunginya.

Dia menyampaikan ijin bagi pemekaran kedua kelurahan tersebut telah disetujui oleh kementerian dalam negeri. Saat ini pemerintah kota tengah menyiapkan Detail Engineering Design (DED) dan mempersiapkan lahan untuk pemekaran wilayah.

“Proses sudah disetujui. Kami minta disiapkan lahan dan DED untuk diajukan di APBD Perubahan nanti. Kadipiro dipecah menjadi tiga,  Kadipiro,  Joglo atau Sekip, dan satunya Banjarsari. Karena nomenkaltur setiap kecamatan ada nama kelurahan yang sama. Seperti Pasar Kliwon ada Kelurahan Pasarkliwon,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge