0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

350 Tanah Aset Pemkab Sukoharjo Belum Bersertifikat

Timlo.net/Putra Kurniawan
Salah satubidang tanah ilik Pemkab Sukoharjo (Timlo.net/Putra Kurniawan)

Sukoharjo — Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo menganggarkan Rp 56 juta untuk menyertifikatkan 30 bidang  tanah milik pemda. Sampai saat ini, masih ada 350 bidang tanah aset daerah belum bersertifikat.

“Anggaran kami hanya mampu untuk menyertifikatkan sekitar 30 hingga 40 bidang tanah per tahunnya, jadi proses sertifikasi akan dilakukan bertahap,” kata Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Sukoharjo, Widodo, Selasa (26/5).

Pemkab Sukoharjo sejauh ini telah melakukan kordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sukoharjo terkait proses sertifikasi aset daerah. Hal ini sebagai tindak lanjut validasi oleh petugas sejak Bulan Oktober 2014.

Dari 350 aset milik daerah yang belum bersertifikat, mayoritas merupakan gedung sekolah di seluruh kecamatan. Pasalnya, sebelum diserahkan ke pemkab, status tanah masih milik desa, dan selama ini belum divalidasi.

“Memang paling banyak gedung SD Inpres, namun kami optimis permasalahan ini akan rampung dalam kurun 10 tahun ke depan,” tandas Widodo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge