0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Calon Independen Sepi Peminat

Timlo.net - Nanin
Ketua KPUD Boyolali Siswadi Sapto,pihaknya masih menunggu calon independen mengajukan persyaratan (Timlo.net - Nanin)

Boyolali – Tiga hari sejak pengumuman penyerahan syarat dukungan untuk calon independen oleh KPU Boyolali, ternyata masih sepi peminat. Hingga hari ini, Selasa (26/5) sejak dibuka Minggu (24/5), belum ada masyarakat atau tokoh yang melakukan konsultasi.

“Masih kosong, belum ada yang berkonsultasi,kita akan lakukan sosialisasi ke berbagai elemen,” ucap Ketua KPU Boyolali, Siswadi Sapto.

Dijelaskan, calon independen yang tidak diusung parpol, harus memenuhi berbagai persyaratan. Calon perseorangan harus bisa mengantongi minimal 72.999 dukungan atau 7,5% dari data akumulasi kependudukan kabupaten (DAK2) yang mencapai 973.332 orang. Selain itu, 72.999 dukungan yang diraih calon perseorangan tersebar minimal lebih dari 50% jumlah kecamatan yang ada.

“Minimal dukungan tersebut tersebar di sepuluh kecamatan dari 19 kecamatan di Boyolali,” sambung Anggota KPU, Wahyu Prihatmoko.

Dukungan juga dituangkan dalam bentuk surat dukungan tertulis di masing-masing desa serta dilampiri fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) artinya satu warga hanya mendukung satu calon.

Di sisi lain, menurut Wahyu, tahapan untuk menjaring calon independen dilakukan lebih awal ketimbang pasangan calon dari parpol. Dari jadwal yang ada, calon mulai menyerahkan syarat dukungan ke KPU, pada 11 Juni-15 Juni. Setelah itu, KPU akan meneliti jumlah minimal dukungan berikut analisis dukungan ganda pada 11-18 Juni.

“Verifikasi akan dilakukan ditingkatkan desa,kecamatan dan kabupaten, untuk mengecek kebenaranya,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge