0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beras Plastik Tidak Terbukti

Dugaan beras imitasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Isu beredarnya beras sintetis berbahan plastik ternyata tidak terbukti. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memastikan hasil uji laboratorium negatif.

“Beras plastik berawal dari laporan Bu Dewi Septiani tanggal 3 Mei lalu, beli beras ke Toko Madu. Kemudian beras ini dimasak oleh adiknya. Seperti nasi basi, kemudian setelah dimakan menyebabkan mual dan sakit perut,” kata Badrodin di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (26/5).

Kemudian, kata Badrodin, Bu Dewi mengupload beras yang diduga palsu tersebut ke media sosial. Termasuk memberikan laporan via email ke badan POM namun tidak masuk.

Pada tanggal 19 Mei, Bu Dewi mengundang wartawan untuk melakukan ekspose. Dan selanjutnya dilaporkan ke Polsek Batargebang dan dilakukan pemeriksaan termasuk menyita sampel beras plastik tersebut.

Menurut Badrodin, dari disperindag mengambil sampel yang diduga beras palsu tadi, kemudian disperindag meminta laboratorium sucofindo untuk meneliti. Dari hasil pemeriksaan terhadap sampel beras tadi ternyata di Sucofindo positif.

Kemudian, lanjut dia, pernyataan wali kota Bekasi Rahmat Effendi bahwa beras sampel itu mengandung bahan plastik.

“Tetapi pemeriksaan di laboratorium forensik, BPOM, kementerian perdagangan, kementerian pertanian hasilnya negatif. Tak ada unsur plastik,” jelas Badrodin.

“Kemudian kami belum yakin jangan-jangan salah pengambilan sampel, kami kemarin ke sucofindo meminta sampel, dan kami periksa kembali ke forensik Polri hasilnya negatif. Beras yang diduga plastik tidak ada,” tambahnya.

Dengan hasil uji laboratorium itu, pemerintah mengimbau kepada masyarakat luas agar tidak resah terkait isu beras plastik. Apalagi menjelang puasa dan lebaran.

[gil]

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge