0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Genggaman Tangan Yang Kuat Kunci Cegah Serangan Jantung dan Stroke

genggaman tangan
Genggaman tangan. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk.)

Timlo.net—Sebuah penelitian baru menyatakan menguji kekuatan genggaman tangan bisa menjadi cara yang murah dan sederhana untuk memprediksikan resiko penyakit serius atau kematian dini.

Para peneliti menemukan genggaman tangan yang lemah dihubungkan dengan keberlangsungan hidup yang lebih pendek dan resiko yang lebih besar terkena serangan jantung atau stroke. Penelitian internasional ini dipublikasi di The Lancet, melihat bahwa genggaman tangan adalah prediktor yang lebih kuat terhadap kematian daripada tekanan darah.

Pemimpin penelitian Dr. Darryl Lrong dari McMaster University di Kanada berkata: “Kekuatan genggaman bisa menjadi tes yang mudah dan murah untuk menilai resiko kematian dan penyakit kardiovaskular yang dimiliki individu.”

Penurunan kekuatan otot seringkali dihubungkan dengan kematian dini, cacat dan sakit. Akan tetapi, hingga sekarang, informasi tentang nilai kekuatan genggaman tangan terbatas. Penelitian semacam ini biasanya diadakan di negara-negara berpenghasilan tinggi.

Penelitian Prospective Urban-Rural-Epidemiology (PURE) diikuti oleh 139.691 orang dewasa berusia antara 35 hingga 70 tahun di 17 negara termasuk Cina, India, Brazil, Polandia dan Zimbabwe.

Kekuatan genggaman tangan diukur dengan menggunakan sebuah alat bernama handgrip dynamometer. Penelitian ini menyimpulkan bahwa setiap penurunan genggaman tangan sebesar 5kg, dihubungkan dengan 17 persen penurunan resiko kematian kardiovaskular dan peningkatan resiko serangan jantung yang ringan (7%) atau stroke (9%).

Sumber: Mirror.co.uk

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge