0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Ramadan, HargaSembako Mulai Naik

Pedagang di Pasar Jaten (Timlo.net - Nanang)

Karanganyar – Sebulan menjelang datangnya bulan puasa, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Karanganyar mulai naik. Kenaikan harga paling mencolok terjadi pada gula pasir yang semula berkisar Rp 11.000 per kilogram menjadi Rp 12.000 per kilogram.

”Sebetulnya harga gula pasir sudah bertahan sekitar sebulan, tapi tiga hari terakhir mulai naik,” ungkap Suyati, salah satu pedagang di Pasar Jaten, Selasa (26/5).

Dia memprediksi kenaikan akan terus berlanjut hingga jelang Ramadan tiba. Kenaikan harga gula diperkirakan akan disusul kenaikan harga sembako lainnya, seperti beras dan minyak goreng. Terlebih memasuki bulan puasa yang disusul Hari Raya Idul Fitri, kenaikan harga sembako tidak bisa dihindari lagi.

”Ya sudah biasa, setiap menjelang bulan Ramadan, selalu ada kenaikan harga. Dilanjutkan sampai Lebaran nanti,” imbuhnya.

Sementara itu, Supardi salah satu pedagang di Pasar Jungke, Karanganyar Kota. Harga gula pasir mulai naik sekitar Rp 1.000 perkilogram. Diakuinya, kenaikan harga gula ini memang cukup tinggi. Karena sebelumnya, hanya naik di kisaran Rp 500 per kilogram.

”Kenaikan itu kami perkirakan bakal terus hingga usai Hari Raya Idul Fitri mendatang. Sekarang sudah Rp 12.000 perkilogram. Di tingkat pengecer sudah sampai Rp 12.500,” katanya.

Tak hanya itu, harga telur juga naik cukup banyak dari Rp 17.000 per kilogram menjadi Rp 20.000 per kilogram. Sedangkan harga beras dan sembako lainnya belum mengalami kenaikan.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge