0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Areal Menipis, Pemkot Wacanakan Makam Tumpuk

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah melakukan survei terhadap sebidang tanah di kawasan Plesungan, Gondangrejo, Karanganyar. Tanah seluas 12 hektar itu rencananya dibidik sebagai lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU).

“Baru survei-survei dulu, hal ini perlu dilakukan karena kondisi TPU kita hanya tinggal 25 persen yang bisa masih bisa digunakan untuk pemakaman,” ungkap Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Hasta Gunawan.

Hasta mengungkapkan, Pemkot Solo harus mencari alternatif lain lahan TPU, karena di TPU yang dimiliki Pemkot sekarang sudah sangat menipis. Hasta juga menyampaikan selain mencari lahan baru, ada alternatif lain yang bisa dilakukan yakni dengan menerapkan makam tumpuk dengan sistem sewa seperti di kota-kota besar.

“Bisa juga dilakukan seperti di kota-kota besar dengan sistem makam tumpuk, namun ini juga memerlukan payung hukum yang jelas,” katanya.

Sementara Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan, kawasan ini dibidik lantaran lokasinya yang relatif dekat dengan kota Solo. Dirinya menambahkan, anggaran pembelian tanah ini akan dimasukkan dalam APBD Perubahan tahun 2015 mendatang.

“Nilai taksirnya masih akan dibahas oleh TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah), perlu ditaksir dulu harganya berapa,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge