0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satlantas Polres Karanganyar Berlakukan Teguran Tertulis

timlo.net/nanang rahadian
Kasatlantas AKP Bambang Erwandi menyerahkan buku saku kepada anggota (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Karanganyar menerbitkan buku saku yang diberikan kepada anggota Satlantas ketika melaksanakan tugas. Dengan duku itu, selain berisi tentang aturan lalu lintas, juga sebuah catatan teguran yang diberikan kepada pengguna jalan.

“Efeknya akan lain bagi pelaku pelanggaran antara hanya diberi teguran dengan dicatat dalam sebuah buku,” kata Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Bambang Erwandi mewakili Kapolres Karanganyar AKBP Mahedi Surindra, Senin (25/5).

Buku saku yang berisi teguran bagi pengguna jalan ini, kata Bambang, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman berlalu lintas. Sehingga dapat menekan angka kecelakaan. Buku saku ini merupakan legal notice action atau aksi teguran tertulis kepada para pengendara di jalan raya, baik roda dua maupun roda empat.

“Petugas kami akan memberi teguran bagi pelanggar lalu lintas jika tidak berpotensi terjadi kecelakaan. Seperti helm tidak dikancingkan. Namun kami tetap melakukan tilang jika pelanggaran itu berpotensi kecelakaan,” kata Kasatlantas.

Dijelaskannya, untuk pelanggaran yang sifatnya berat, seperti pengendara melawan arus, melanggar lampu merah dan membahayakan orang lain, akan dilakukan tindakan melalui pemberian tilang. Namun untuk pelanggar yang sifatnya hanya ringan, seperti tanpa helm, tidak memiliki surat ijin mengemudi (SIM) pada saat mengendarai kendaraan bermotor, akan diberikan teguran tertulis.

“Selama ini kita hanya memberikan teguran secara lisan. Teguran lisan ini sering diabaikan.Dengan adanya buku saku ini, semua teguran dicatat, mulai dari jenis teguran, nama pengendara, serta alamat. Seluruh teguran ini dimasukkan ke data base, sehingga jika terjadi pelanggaran yang serius, maka akan mudah terdeteksi, karena sudah tercatat,” kata Kasat Lantas, Senin (25/5).

Dari hasil catatan teguran ini, lanjut Kasatlantas, akan dilakukan evaluasi, jenis tertib lalu lintas apa saja yang sering dilanggar, untuk kemudian dilakukan penyuluhan kepada masyarakat, di masing-masing wilayah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge