0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Kutukan-Kutukan Yang Menghantui Film Poltergeist

Poltergeist 2015
(Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk.)

Timlo.net—Poltergeist adalah film horor populer yang membuat masyarakat yang hidup di era 1980-an ketakutan. Sekarang film ini dibuat ulang dan tayang di luar negeri pada 22 Mei 2015. Tapi hanya sedikit penggemar hari ini yang tahu kejadian-kejadian menakutkan yang menginspirasi film ini dan juga kutukan yang melingkupinya.

Film Poltergeist (1982) yang diproduseri Steven Spielberg berkisah tentang satu keluarga biasa yang tersiksa oleh roh jahat. Roh ini kemudian mengambil puteri bungsu mereka, Carol Anne ke alam lain. Film remake yang tayang tahun ini mengikuti format yang sama.

Tapi kenyataan di balik film ini sama menyeramkannya dengan kisah yang ada di layar. Film ini dibuat berdasarkan beberapa kejadian yang berlangsung di sebuah rumah di Long Island, New York, Amerika Serikat (AS). Di sana sebuah keluarga, the Hermann dihantui oleh sosok makhluk supernatural yang disebut poltergeist.

Antara Februari hingga Maret 1958, tutup dan bagian atas botol tiba-tiba terbuka sendiri, ornamen-ornamen rumah beterbangan di sekitar rumah, sebuah rak buku berat jatuh secara misterius. Bahkan patung Bunda Maria di dalam rumah tiba-tiba melayang dan menabrak cermin yang berjarak 3,6 meter.

Seorang polisi datang untuk menyelidiki kasus ini tapi hampir terkena bola bumi yang melayang ke arahnya. Sedangkan seorang jurnalis foto asal Inggris yang meliput kasus ini, menyaksikan sebuah meja terangkat.

Seorang pendeta lantas dipanggil untuk melakukan ritual pembersihan di depan rumah. Tapi kejadian-kejadian aneh masih terjadi pada pasangan James dan Lucille dan kedua anaknya Jucille junior,13, dan James junior,12. Malah kejadian-kejadiannya bertambah menakutkan.

Para ahli mengkonfirmasi bahwa rumah itu memiliki struktur yang baik, dan pasukan pemadam kebakaran mengecek tingkat air di sumur tua dan peralatan di basement. Mereka mengkonfirmasi bahwa tidak ada getaran tanah. Penyebab kejadian-kejadian ini masih menjadi misteri.

Lalu, sebagaimana kejadian-kejadian aneh ini muncul tiba-tiba, fenomena aneh ini pun menghilang tiba-tiba. Keluarga itu lantas pindah dari rumah itu segera. Mereka percaya fenomena-fenomena aneh yang ada itu berkaitan dengan makam suku Indian yang ada di dekat rumah. Makam inilah yang dibahas dalam film Spielberg itu.

Jika Anda beranggapan hal-hal yang ditampilkan di film menyeramkan, maka “kutukan-kutukan” yang terjadi berbulan-bulan dan bertahun-tahun setelah film itu dirilis bahkan lebih menakutkan. Dan membuat Poltergeist dijuluki sebagai produksi film paling terkutuk sepanjang masa.

Beberapa minggu setelah film dirilis, Dominique Dunne, yang memerankan kakak Carol Anne, Dana, dicekik oleh pacarnya di luar rumahnya di West Hollywood. Dia mati beberapa hari kemudian di rumah sakit.

Aktor Julian Beck, 60, yang memerankan pendeta Henry Kane di film kedua, mati karena kanker perut setelah film dirilis. Will Sampson, yang memerankan sosok dukun Indian di film, mati saat menjalani transplantasi jantung dan paru-paru.

Aktor lainnya, Lou Perryman, terbunuh pada 2009 saat seorang mantan narapidana menyerangnya dengan sebuah kapak di rumahnya di Austin, Texas. Pengarang James Kahn, yang menulis buku untuk film itu, berkata setelah dia selesai menulis kalimat, “Petir menyambar di langit,” rumahnya tersambar petir dan arcade game di ruang tamu menyala sendiri.

Tapi kematian dari aktris muda Heather O’Rourke, pemeran Carol Anne Freeling, yang membuat film ini memiliki reputasi menyeramkan.

Dia salah didiagnosa dengan Chron’s Disease pada 1987 dan mati setahun kemudian karena serangan jantung saat para dokter mengoperasinya. Usianya saat itu 12 tahun. Mungkin saja serangkaian kisah tragis ini hanyalah kebetulan. Tapi sama menakutkannya dengan film itu. Dan saat film remake Poltergeist tayang tahun ini, sebuah pertanyaan muncul: apakah kutukan yang sama akan mengejar para pemain dan kru film ini?

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge