0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menuju Islah, Golkar Bentuk Tim Rekrutmen Calon Kepala Daerah

dok.merdeka.com
Golkar kubu Agung Laksono (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Upaya islah terhadap dua kubu di tubuh Partai Golkar diawali pembentukan tim rekrutmen calon kepala daerah. Hal ini sesuai dengan usulan politisi Golkar, Jusuf Kalla (JK).

“Pak JK berpikir, percuma islah demi pilkada jika bahan baku atau calon kepala daerahnya tidak ada, makanya beliau usul dibentuk dulu tim rekrutmen kepala daerah yang disepakati dua pihak,” kata Sekretaris Jenderal Partai Golkar pimpinan Agung Laksono, Zainuddin Amali, Senin (25/5).

Zainuddin mengatakan pihaknya menghormati usulan JK selaku mantan Ketua Umum Golkar yang dinilai mengerti harapan kader. Ihwal rekrutmen, dia menyatakan sejauh ini baik kubu Munas Jakarta maupun Munas Bali telah melakukan penjaringan kepala daerah.

Apabila tim rekrutmen bersama berhasil dibentuk, penjaringan yang telah dilakukan kedua kubu bisa dikombinasikan.

“Tinggal dicocokkan basisnya, misalnya basis penjaringannya sama-sama survei. Itu kan tidak menjadi masalah, yang menjadi masalah adalah siapa yang akan tanda tangan pencalonan,” ujar dia.

Menurut Zainuddin, JK mengatakan yang berhak menandatangani pencalonan kepala daerah adalah kepengurusan yang diakui KPU.

Namun merujuk pada Peraturan KPU, manakala kepengurusan partai berpolemik, maka pihak yang berhak tandatangan adalah yang memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht).

Zainuddin mengatakan pihaknya akan mengajukan uji materi PKPU itu ke Mahkamah Agung dalam waktu dekat. Karena pihaknya meyakini yang berhak menandatangani pencalonan seharusnya adalah kepengurusan yang memegang SK Menkumham dalam hal ini Agung Laksono.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge