0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sidang Praperadilan Novel Baswedan Ditunda

Novel Baswedan (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Sidang praperadilan perdana Novel Baswedan pada Senin (25/5) ditunda. Pihak Bareskrim Polri selaku termohon tidak memenuhi panggilan tanpa alasan.

“Termohon kosong, berarti ini tidak hadir. Saya sudah nunggu, hampir pukul 12.00 WIB, kita mulai saja,” kata hakim Suhairi di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Suhairi mengatakan, pihaknya telah memanggil pihak Polri dengan cara yang sesuai untuk menghadiri persidangan pada hari ini. Pihaknya pun telah memanggil termohon beberapa kali saat persidangan telah berjalan sembari hakim Suhairi memeriksa identitas 9 dari 30 kuasa hukum Novel yang hadir di persidangan.

Ketidakhadiran Bareskrim Polri dalam sidang perdana ini dikatakan salah satu kuasa hukum Novel, Asfinawati, sebagai akal-akalan untuk mengulur waktu persidangan ini.

“Kami khawatir ini adalah akal-akalan dari termohon untuk mengulur waktu,” ujar Asfinawati.

Sidang praperadilan ini pun ditunda hingga Jumat (29/5) pada pukul 09.00 WIB. Diketahui, gugatan ini berawal dari penangkapan dan penahanan terhadap Novel yang dilakukan penyidik Polri terkait dugaan penganiayaan pencuri sarang burung walet saat menjabat Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Bengkulu pada 2004.

Pengusutan kasus yang diduga melibatkan Novel ini bermula saat dirinya memimpin penyidikan kasus korupsi petinggi Kepolisian, Inspektur Jenderal Djoko Susilo. Namun, dugaan kasus penganiayaan yang dilakukan Novel dihentikan atas perintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Perkara Novel kembali dilanjutkan usai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan calon Kepala Kepolisian Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai tersangka dugaan kasus gratifikasi dan korupsi di Polri. Penyidikan perkara Novel kembali dihentikan sementara atas perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, Novel yang tak terima dengan penyidikan dan penangkapannya mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Menanggapi gugatan tersebut, Juru bicara Markas Besar Kepolisian Brigadir Jenderal Agus Rianto mengatakan, polisi siap mengikuti jalannya sidang praperadilan kasus Novel.

“Kami tentu sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti sidang praperadilan,” kata Agus.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge