0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dies Natalis Unisri

Walikota dan Anggota DPRD Solo Main Ketoprak

Salah satu penampilan ketoprak Seniman Muda Surakarta (dok.timlo.net/humas Seniman Muda Surakarta)

Solo — Dalam rangka Dies Natalis ke-35, bertepatan Lustrum ke-7, Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta akan menggelar pentas ketoprak gabungan, Sabtu (30/5) malam, di Gedung Ketoprak Balekambang, Solo. Selain artis Ketoprak Seniman Muda Surakarta, dosen Unisri, pentas juga menghadirkan bintang tamu Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo dan Anggota DPRD Surakarta YF Sukasno.

Humas Unisri Yona Ervina dalam rilis yang diterima Timlo.net, Senin (25/5) menyebutkan, pentas ketoprak gabungan tersebut mengangkat lakon “Sumilaking Pedhut Majapahit “. Bertindak sebagai penulis cerita Suharno (Unisri), sutradara: Eko Sutarno (Seniman Muda Surakarta), Koordinator Seniman Muda Surakarta, Tatak Prihantara.

Dijelaskan, pemain dari Unisri sebanyak 35 personel, mengambil momentum Dies Natalis ke-35, terdiri dari pimpinan fakultas, pimpinan universitas, dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni Unisri, diantaranya:
• Dekan FKIP Unisri, Dra. Sri Hartini, MPd (Ratu Majapahit, Kencono Wungu)
• Dosen HI, Dra. Herning Surya, Msi (Patih Majapahit, Dewi Larasati)
• Wakil Dekan FKIP Unisri, Drs. AR. Kusdyanto, MPd (Bupati Blambangan, Minakjinggo)
• Kepala UPT Humas Unisri, Drs. Suharno, MM, Akuntan (Patih Majapahit, Logender)
• Dekan Fakultas Ekonomi, Edi Wibowo, SE, MM (Senopati Majapahit, Haryo Simping)
• Ketua Prodi Hubungan Internasional Unisri, Drs. Gustidipo, Msi (Resi Tunggul Manik)
• DPRD Solo, YF Sukasno, SH (Buyut Padas Watu)
• UKM OR Taekwondho, prajutir Majapahit dan Blambangan

“Tujuan memperingati Dies Natalis dengan pentas ketoprak, sebagai kepedulian Unisri terhadap pengembangan dan pelestarian seni tradisi, yang tidak sekedar sebagai slogan semata, namun betul-betul turut serta terjun langsung membaur dan berkolaborasi dengan para seniman tradisi. Tidak hanya pada seni ketoprak namun juga pada pertunjukkan wayang orang. Selama 4 tahun terakhir Unisri manggung di Wayang Orang Sri Wedari, tahun ini sengaja memilih pentas ketoprak, untuk angkat pamor ketoprak Balekambang,” jelasnya. (*)

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge