0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cerita Haru Menteri Khofifah Saat Tinjau Pengungsi Rohingya

Pengungsi Rohingya (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Kisah menyedihkan dialami pengungsi Rohingya selama perjalanan menuju Kota Langsa, Aceh. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa tak kuasa menahan air matanya saat berkunjung ke tempat pengungsian, kemarin. Dia menangis melihat kondisi para pengungsi dan anak-anak.

Mensos Khofifah menggendong salah satu anak berusia 3 tahun. Rupanya, anak yang digendong tersebut seorang yatim piatu. Kedua orangtua anak ini sudah lama meninggal. Seketika air matanya langsung menetes.

Setelah menggendong dan mengusap-usap kepala anak tersebut, Khofifah kemudian menyuapkan roti. Lalu Khofifah langsung mengambil beberapa roti dan membagi-bagikan secara langsung kepada puluhan anak-anak yang ada di hadapannya.

“Ini anak yatim piatu,” kata Khofifah.

Cerita miris lain adalah saat perjuangan mereka keluar dari Myanmar. Mereka terombang-ambing berbulan-bulan di tengah lautan. Hingga akhirnya mereka diselamatkan nelayan Aceh.

Semua warga Rohingya yang berada di Kuala Langsa enggan untuk kembali ke negara asalnya. Mereka melarikan diri dari negaranya karena tidak dianggap sebagai warga negara di Myanmar. Sehingga berani mempertaruhkan nyawa melawan ganasnya ombak di lautan.

Semenjak mereka melarikan diri lebih 4 bulan dalam laut terkatung-katung tanpa arah tujuan. Dalam benak mereka hanya ingin menjauh dari negaranya yang tidak menerima keberadaan mereka di sana.

Muhammadun Hasan (17) warga Rohingya yang sedikit bisa berbahasa Inggris mengaku seluruh pengungsi Rohingya tidak mau kembali ke negara asalnya. Karena bila mereka kembali, perlakuan yang sama akan kembali menimpa mereka dan tetap harus kembali melarikan diri.

“Tidak tidak mau kembali ke negara asal, karena kondisi keamanan,” kata Muhammadun Hasan.

Hasan mengaku seluruh Rohingya senang bisa diterima dan dibantu oleh orang Aceh. Oleh karena itu, ia meminta kepada Pemerintah Indonesia agar bisa memberikan status suaka politik pada seluruh pengungsi Rohingya yang ada di Aceh.

Hasan juga sempat berbincang-bincang dengan Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung ke camp pengungsian. Hasan meminta kepada Menteri Sosial agar bisa mendapatkan suaka politik dan bisa terus berada di Indonesia.

Menanggapi permintaan suaka politik oleh Rohingya yang berada di Aceh, Mensos Khofifah Indar Parawansa menyebutkan akan ada pembahasan lebih lanjut.

[has]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge