0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Permohonan Kartu Kuning di Karanganyar Meningkat

Kantor Dinsosnakertrans Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Permohonan pembuatan kartu tanda pencari kerja atau kartu kuning di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Karanganyar meningkat. Dalam sehari, petugas dinas setempat melayani sekitar 35 pemohon yang kebanyakan dari lulusan SMA dan sederajat tahun ini.

”Selama tujuh hari terakhir, petugas kami melayani sekitar 35 hingga 40 pemohon per hari. Pada hari normal hanya ada 10 pemohon saja,” jelas Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Karanganyar  Murseno, Senin (25/5).

Dia menjelaskan, pencari kartu kuning tersebut didominasi lulusan SMK. Kartu kuning diperlukan pencari kerja sebagai alternatif bagi mereka yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sejumlah pemohon diketahui melamar kerja ke luar negeri, seperti Malaysia. Kartu kuning tersebut untuk melengkapi persyaratan yang ditentukan perusahaan penyalur TKI.

”Kebanyakan yang ingin ke Malaysia ini melalui PJTKI swasta. Tak sedikit pula yang mencari kartu kuning untuk melamar di perusaan lokal. Mereka kebanyakan sudah mendapatkan panggilan kerja dari perusahaan, tinggal melengkapi syarat kartu pencari kerja,” imbuhnya.

Bagi pencari kerja yang belum mendapatkan tempat yang dituju, Dinsosnakertrans menyediakan informasi lowongan pekerjaan (Loker). Ada puluhan Loker yang membutuhkan karyawan secepatnya.

”Pemohon hanya cukup menyertakan Ijazah terakhir atau surat keterangan lulus. Kemudian fotocopy kartu keluarga, fotocopy KTP, dan pas foto tanpa ditarik biaya administrasi sepersen pun” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge