0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Sragen

Cabup Independen Wajib Kumpulkan 70.000 Fotocopy KTP

KPU Sragen saat meluncurkan maskot Pilbup (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen —  Bagi calon independen yang ingin bertarung dalam Pilbup Sragen Desember mendatang, setidaknya harus sanggup mengumpulkan 70 ribu dukungan berupa fotocopy KTP atau Kartu keluarga (KK). Jumlah dukungan itu sesuai syarat pencalonan yang telah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) 2015.

“Karena jumlah penduduk Sragen di bawah satu juta jiwa, maka syarat nyalon independen adalah mendapat dukungan sekitar tujuh persen dari total penduduk atau sekitar 70.000 dukungan,” jelas Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen, Ngatmin Abbas, Sabtu (23/5).

Ngatmin Abbas mengungkapkan, fotocopy dukungan itu kemudian dibendel setiap desa atau kelurahan dan dikukuhkan dengan pernyataan dukungan yang ditandatangani di atas materai oleh calon yang bersangkutan.

“Kalau dulu setiap dukungan harus ada pernyataannya, sekarang cukup direkap dan dibendel per kelurahan dan ditandatangani calon,” ungkapnya.

Abbas melanjutkan, 70 ribu KTP atau KK tersebut tidak boleh hanya dari beberapa kecamatan atau desa. Tetapi penyebarannya minimal 50 persen atau 20 kecamtan di Kabupaten Sragen.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge