0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Bicarakan Pengungsi Rohingya dengan Negara Tetangga

Warga antusias bertemu Presiden Jokowi di CFD (Timlo.net - Khalik)

Solo — Ribuan pengungsi Rohingya yang ditemukan oleh nelayan Aceh di tengah lautan lepas menjadi polemik tersendiri Bangsa Indonesia. Hingga kini, Indonesia masih melakukan diskusi untuk menentukan nasib para pengungsi tersebut.

“Masih kita diskusikan, antara negara kita (Indonesia), Malaysia dan Thailand,” kata Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) kepada wartawan disela kegiatan jalan-jalan di car free day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (24/5) pagi.

Sejauh ini, kata Jokowi, pihak Negara Indonesia akan menampung dengan alasan kemanusiaan. Terkait dana yang dibutuhkan, akan dianggarkan dari negara dan bantuan dari PBB. Meski begitu, pihaknya berharap supaya negara-negara lain juga ikut menampung para pengungsi Rohingya tersebut.

“Akan kita tampung terlebih dahulu. Menunggu hasil dari pembiicaraan antar tiga negara,” terang Jokowi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, hingga Sabtu (23/5) kemarin, jumlah pengungsi muslim Rohingya mencapai 1.722 jiwa. Pengungsi itu terdiri dari 1.239 jiwa laki-laki, 244 jiwa perempuan dan 238 jiwa anak-anak. Saat ini imigran asal Rohingya telah ditempatkan di tempat pengungsian yang tersebar di empat daerah. Yaitu 560 jiwa di Kabupaten Aceh Utara, 47 jiwa di Kabupaten Aceh Tamiang, 682 jiwa di Kota Langsa, dan 433 jiwa di Kabupaten Aceh Timur.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge