0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kekurangan Anggaran Pasar Klewer Dijanjikan Tahun Depan

Kios-kios di Pasar Klewer ludes terbakar (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Kekurangan anggaran pembangunan Pasar Klewer sebesar Rp 97,2 miliar bakal dicukupi tahun depan. Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mengusulkan kekurangan anggaran itu dimasukkan dalam APBN 2016.

“Pembangunan Pasar Klewer itu usulannya Rp 159 miliar. Alokasi kita tahun ini baru Rp 61,8 miliar. Tahun depan sudah kita usulkan kekurangannya (Rp 97,2 miliar),” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Srie Agustina kepada Timlo.net di Rumah Dinas Loji Gandrung, Minggu (24/5).

Kemampuan serapan anggaran, lanjut dia, menjadi pertimbangan mengapa pembangunan kembali Pasar Klewer dilakukan secara bertahap. Jika pembangunan dengan total anggaran Rp 159 miliar dilakukan sekaligus tahun ini, pemerintah pusat khawatir waktu yang tersedia tidak cukup.

Alokasi anggaran tahun ini sebesar Rp 61,8 miliar, Sri Agustina berharap, realisasi pekerjaannya sudah bisa dimulai Juni mendatang. Dari catatannya, proses lelang memang sedikit mengalami kemunduran lantaran menunggu review Detail Enginering Design (DED) oleh konsultan perencana.

“Akhir Mei ini lelang fisik sepertinya baru selesai. Harapannya semua kita ingin on the track. Setelah direvisi DED kemudian dilelang. Juni harapannya sudah bisa mulai dibangun. Waktu yang ada sampai Desember saya kira cukup,” ujar dia.

Dia menambahkan, lantaran dana tugas perbantuan, seluruh pekerjaan konstruksi sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemkot. Pemerintah pusat hanya memberikan anggarannya kepada Pemkot.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge