0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pantau Lalu Lintas, Dishub Beli Dua Drone

dok.timlo.net/dhefi
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedradjad (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) kota Solo berencana membeli dua unit pesawat kecil tanpa awak (drone). Drone itu bakal digunakan untuk memantau kondisi lalu lintas melalui udara.

“Tahun ini kita ajukan anggarannya Rp 50 juta untuk dua drone di APBD Perubahan 2015,” kata Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajat kepada wartawan, Minggu (24/5).

Herman menerangkan, drone itu nanti bentuknya helikopter kecil sebagai pemantauan lalu lintas. Alat tersebut diperkirakan mampu memotret dengan ketinggian 200-300 meter selama 15 menit.

Ditambahkannya, selain sebagai pemantau lalu-lintas, drone itu nanti juga bisa digunakan untuk pemotretan udara sebagai bahan kajian pembuatan underpass dan bahan studi lainnya. Drone tersebut juga akan terkoneksi online dengan ruang kendali CCTV Dishubkominfo.

Disinggung kota mana yang sudah menggunakan teknologi serupa, Herman menyatakan untuk wilayah Soloraya baru Solo yang menggunakan. Meski tidak merinci kota mana saja, Herman mengatakan belum banyak kota di Indonesia yang menggunakan teknologi drone.

“Solo itu kota kecil. Tapi teknologinya tidak kalah dengan kota-kota besar. Di Indonesia hal-hal seperti itu masih baru,” ungkapnya.

Jika terealisir, dua drone itu akan menambah 35 CCTV online yang dimiliki Dishubkominfo saat ini. Idealnya, jumlah CCTV yang dimiliki sebanyak 57 CCTV di persimpangan. Rencana penambahan terkendala anggaran dan sumber daya manusia (SDM).

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge