0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beras Plastik Tidak Sampai Solo

Timlo.net - Agung
Razia beras plastik (Timlo.net - Agung)

Solo – Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta masyarakat tidak resah dengan temuan beras plastik di Bekasi. Sampai saat ini, temuan beras plastik hanya terjadi di Bekasi dan belum ditemukan di daerah lain.

“Sampai saat ini, dari informasi yang ada belum ditemukan beras seperti beras di Bekasi. Jadi, dilokalisir dan memang ditemukannya hanya ada di Bekasi,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Srie Agustina kepada wartawan, Minggu (24/5), saat ditemui di Rumah Dinas Loji Gandrung.

Oleh karena itu, Srie Agustina meminta masyarakat tidak khawatir. Pasalnya, Kemendag telah berkoordinasi dengan seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan pengecekan dan pengawasan ke lapangan. Dari hasil pengecekan, sejauh ini belum ada temuan beras plastik.

“Intinya masyarakat tidak perlu khawatir karena belum ada ditemukan dari kabupaten/kota lain dan pemerintah terus mengawal perlindungan konsumen. Kan juga ada Tim Terpadu Pengawasan Barang dan Jasa yang ada disetiap kabupaten/kota maupun propinsi,” jelas dia.

Disinggung asal beras plastik di Bekasi, Agustina menyatakan pihaknya masih mencari tahu darimana beras plastik itu berasal. Dugaan beras plastik berasal dari beras impor juga masih diselidiki mengingat hingga hari ini, Kemendag belum mengeluarkan izin persetujuan impor untuk beras medium maupun beras premium.

“Kalau impor kan itu harus melalui pelabuhan tertentu. Kalau melalui jalur impor, saat ini pemerintah belum keluarkan izin impor (Surat Persetujuan Impor) baik beras medium maupun premium. Izin impor hanya beras khusus untuk industri dan itu langsung ke hotel dan restoran,” terang dia.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Solo, Triyana mengungkapkan pihaknya telah tiga kali melakukan pengecekan ke lapangan. Sejauh ini belum ada temuan beras plastik.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge