0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pantura Diperbaiki, Jelang Puasa & Lebaran Bakal Macet Parah

merdeka.com
Jalan pantura rusak (merdeka.com)

Timlo.net — Menjelang bulan puasa dan lebaran mendatang, jalur Pantai Utara Barat (Pantura Barat), tepatnya di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah mulai diperbaiki. Proyek yang di lakukan tiap menjelang lebaran ini akan memakan waktu sembilan bulan. Akibatnya, diperkirakan arus mudik mendatang akan tersendat saat masuk Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Perbaikan di jalur Pantura akan di lakukan pengecoran setinggi tiga puluh satu centimeter dengan panjang dua koma sembilan kilometer.

Dari pantauan merdeka.com, Jumat (22/5), Jalur Pantura Barat, Kendal, terlihat mulai padat merayap karena separuh jalan mulai dikeruk untuk perbaikan jalan. Pengerukan jalan ini dilakukan untuk meratakan jalan yang nantinya akan dilakukan pengecoran jalan.

Proyek ‘abadi’ perbaikan jalur Pantura selalu dikerjakan menjelang lebaran. Sejumlah titik akan menjadi target perbaikan seperti di Pantura Barat tersebut di antaranya di jalur Pucangrejo, jalur Ketapang dan jalur Lingkar Kaliwungu serta jalur Weleri.

Akibat dari perbaikan jalan ini arus lalu-lintas dari arah barat mengalami kemacetan hingga empat kilometer. Para pengguna jalan yang melewati Pantura Barat Kendal siap-siap untuk macet sebab mulai bulan ini semua proyek pengecoran jalan akan di mulai secara serentak. Perbaikan di jalur pantura Pucangrejo sepanjang dua koma sembilan kilometer.

Ahmad Rizki, Pengawas Lapangan PT Multikon Semarang mengatakan pekerjaan proyek dibatasi waktu sampai bulan Desember 2015 atau 9 bulan pengerjaan. Namun, tidak hanya di satu titik ada beberapa titik untuk perbaikan jalan.

“Salah satunya yakni di jalur pantura Desa Pucangrejo-Gemuh hari ini pekerjaannya adalah pengerukan aspal setelah selesai di aspal dan langsung di cor setebal 31 centimeter,” katanya.

Tetapi dalam menghadapi arus mudik dan balik nanti semua pekerjaan jalan akan di hentikan sementara dan semua jalan bisa di lalui oleh kendaraan sekalipun belum selesai seratus persen.

Saat ini jalan yang mengalami betonisasi hanya satu arah dari Jakarta atau arah ke timur. Sedangkan arah ke barat dari Kota Semarang ke Jakarta akan dilakukan tahun depan.

Selain jalur Pantura Barat, perbaikan jalan juga dilakukan di jalur alternatif Kendal- Temanggung. Di jalur ini pengecoran dilakukan disejumlah titik karena amblas akibat tanah yang labil. Perbaikan di jalur alternatif Kendal-Temanggung ini dipastikan akan menghambat perjalanan pemudik yang biasa menggunakan jalur ini untuk menghemat waktu ke jalur selatan.

[efd]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge