0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Bakal Cabut Ijin Usaha Pengecer Pupuk Nakal

timlo.net/nanang rahadian
(Ilustrasi) Puluhan karung pupuk diamankan polisi (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemerintah Kabupaten Karanganyar, bakal mencabut ijin usaha penjualan pupuk bersubsidi milik SK dan P warga  Jenawi, Karanganyar. Pasalnya kedua pengecer diduga kuat telah menjual pupuk ke sejumlah petani tanpa melalui kelompok tani.

“Padahal seharusnya pengecer menjual kepada petani melalui kelompok tani sesuai Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK),” kata Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan (Dispertanbunhut) Karanganyar, Supram Naryo, saat ditemui wartawan, kemarin.

Dia menambahkan, setelah mendapatkan laporan dari jajaran kepolisian yang sebelumnya telah mengamankan dua orang pengecer ilegal yakni SK dan P. Keduanya mengaku mendapatkan pupuk bersubsidi dari salah satu warga berinisial Sktm (mantan lurah Balong). Pihak dari Dinas telah berkoordinasi dengan pihak terkait serta Bupati Karanganyar untuk memberikan tindakan tegas kepada pengecer tersebut.

“Kemarin saya sudah lakukan koordinasi dengan pak Bupati, dan beliau mengatakan kalau memang salah, untuk dicabut ijin usahanya,” kata Supram.

Namun, saat ditanya kapan ijin pencabutan tersebut dilakukan. Supram mengaku, untuk masalah pencabutan nantinya pihak dari Dispertanbunhut, akan berkoordinasi

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKN, karena untuk masalah pencabutan itu yang berhak dari dinas terkait.

“Pengecer itukan memang diluar dari Distributor, untuk wewenang pencabutan usaha bagi pengecer itu ada pada Disperindagkop, dan kami hanya memantau untuk pupuknya saja, pencabutan usaha bukan di pertanian,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge