0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ingin Langsing? Makan 6 Kali Sehari

Dok: Timlo.net/ Men's Health.
Makan. (Dok: Timlo.net/ Men's Health.)

Timlo.net—Menurut sebuah penelitian baru, makan enam kali sehari adalah kebiasaan yang sehat. Para ahli gizi berkata sering makan makanan dalam porsi kecil lebih baik bagi kesehatan. Terutama bila dibandingkan dengan kebiasaan makan makanan dalam porsi besar tiga kali sehari.

Makan makanan dengan porsi lebih kecil membentuk tubuh yang lebih sehat dan mencegah kemungkinan tubuh kehilangan massanya, terutama pada bagian yang bebas lemak. Mereka juga berkata frekuensi makan ini adalah kunci menurunkan berat badan.

Selebritis Hollywood seperti Jennifer Aniston, 46, berkata tubuh langsingnya dikarenakan dia makan makanan dalam porsi kecil sepanjang hari. Mantan istri Brad Pritt itu menghindari makan tiga kali seperti yang umum dilakukan masyarakat. Dia berkata selama ini dia makan lima kali sehari.

Penelitian itu, dipublikasi di jurnal Nutrition Research menyimpulkan bahwa mengembangkan pola makan yang sehat dan mandiri adalah tantangan yang umumnya dialami orang. Para peneliti membandignkan dua pola makan selama dua minggu. Kelompok pertama peserta penelitian diminta makan dua kali sehari. Kelompok kedua diminta makan enam kali sehari.

Pada kedua kelompok, asupan kalori dibuat sama dan kedua kelompok mengalami penurunan berat badan. Tapi kelompok yang makan enam kali sehari memiliki komposisi tubuh yang lebih sehat dan massa tubuh yang sehat juga tidak berkurang.

Kelompok yang makan enam kali ini juga memiliki tingkat glukosa, insulin dan kolesterol yang lebih sehat. Para peneliti dari universitas di California dan New Mexico, Amerika Serikat berkata: “Meningkatkan frekuensi makan menjadi enam kali sehari, nampaknya berpengaruh positif untuk mempertahankan massa tubuh bebas lemak selama penurunan berat badan. Kesimpulannya, batasan kalori efekti untuk mengurangi massa tubuh dan komposisi tubuh terutama pada bagian yang bebas lemak.”

Sumber: Mirror.co.uk.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge