0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Depan, UMK Solo Diprediksi Naik Jadi Rp 1,4 Juta

dok.timlo.net/daryono
Kepala Dinsosnakertrans Kota Solo, Sumartono Kardjo (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Upah minimum kota (UMK) Solo untuk tahun 2016 diprediksi akan meningkat lebih dari 10 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pasalnya hingga bulan ke lima tahun ini, survai kebutuhan hidup layak (KHL) sudah mencapai angka Rp 1,388.000.

“Jika melihat perkembangan di bulan kelima ini kemungkinan di tahun depan UMK Kota Solo bisa mencapai angka Rp 1,4 juta. Hal itu mengacu dari perhitungan KHL yang menjadi dasar untuk menentukan UMK juga meningkat,” ujar Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Solo, Hudi Wasisto saat dihubungi wartawan, Kamis (21/5).

Ia menuturkan, angka survei KHL hingga bulan ke lima ini sudah mencapai Rp 1,388.000 dan diprediksi masih akan terus bertambah seiring dengan kenaikan inflasi dan harga komoditas hingga akhir tahun nanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Solo Sumartono Kardjo mengatakan, pihaknya juga berharap untuk UMK tahun 2016 bisa meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu karena kebutuhan hidup semakin mahal akibat dampak inflasi yang terjadi saat ini.

“Berapapun besarnya asalkan memang sesuai dengan hasil survei dan tidak memberatkan salah satu pihak antara tenaga kerja dan pengusaha, saya kira itu tidak masalah,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge