0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pertamina Kembangkan Lumut Buat Bahan Bakar Kendaraan

Depo Pertamina (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Pertamina mencoba memanfaatkan kekayaan laut Indonesia untuk menciptakan BBM alternatif. Bahan baku yang digunakan adalah lumut atau ganggang (algae) yang banyak ditemui di laut.

Lumut diyakini bisa menjadi bahan bakar minyak. Mengingat, memiliki kadar minyak tinggi dan berpotensi menjadi bahan baku biofuel.

Bahan bakunya sendiri mudah didapat karena Algae tumbuh dimana-mana, terutama tempat yang basah. Untuk menjadikan lumut sebagai bahan bakar, harus melalui proses fotosintesis terlebih dulu. Setelah itu, algae bisa diekstraksi menjadi minyak algae yang berwarna hijau kehitam-hitaman.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menuturkan, potensi algae sangat besar di Indonesia. Wajar jika mengingat Indonesia memiliki garis pantai dan perairan yang luas.

“Kandungan minyak algae sampai 50 kali lebih banyak dibanding sumber nabati lainnya seperti palm oil. Ekstraksi lumut juga sangat sederhana,” ujar dia, Jumat (22/5).

Dalam prosesnya, untuk menghasilkan BBM jenis baru ini, lumut yang sudah diesktraksi akan dikonversi menjadi minyak diesel melalui proses pencampuran. Proses pencampuran tersebut sama dengan proses dalam pembuatan solar campur air.

“Usai diproses seperti itu, bahan bakar lumut sudah siap dipasarkan. Tetapi, bahan bakar ini sedang tahap pengujian di ITB,” ucapnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge