0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Orang Pengoplos Gas Ditangkap Polisi

merdeka.com
elpiji 3 kilogram (merdeka.com)

Timlo.net — Aparat Subdit Sumber Daya Lingkungan (Sumdaling) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap tiga pelaku pemindahan gas bersubsidi ke gas non bersubsidi. Aksi ketiga pelaku sudah diikuti petugas sejak beberapa pekan lalu.

“Kita dari pihak Subdit Sumdaling Ditreskrimum mengamankan tersangka pemindah gas bersubsidi ke gas non bersubsidi dan sebenarnya modus ini sudah lama terjadi,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Martinus Sitompul, di Mapolda Metro Jaya Kamis (21/5).

Martinus mengatakan, penangkapan ketiga tersangka, MZ, RS dan EF, ditangkap pada hari Jumat tanggal 15 Mei 2015 di Jl Jeran 2 Rt 05/05 Kp Peduranan Kel Jati Luhur Kec Jati Asih Bekasi. Ketiganya sudah ditahan di Rutan Negara Polda Metro Jaya.

Selain memindahkan gas, mereka juga memperjualbelikan gas oplosan itu.

“Modus yang dilakukan tersangka adalah memindahkan gas bersubsidi tiga kilogram dengan cara yang konvensional, sehingga dapat membahayakan sekitar. Mereka pakai cara konvensional (pemindahannya), ada yang pake selang dan pake pipa besi saja, ini bahaya karena tempat mereka di dalam perumahan dan berisiko meledak,” beber Martinus menjelaskan cara kerja mereka.

Dari ketiganya, polisi menyita 1 unit mobil Suzuki Carry Pick Up Nopol B 9643 KAF, 155 tabung gas isi 3 Kg, 55 tabung gas kosong 3 Kg, 11 tabung gas isi 12 Kg, 35 tabung gas isi 12 Kg, 14 buah alat pemindah gas, 1 ikat segel gas LPG bertulisan PT UBJ dan 1 buah buku nota penjualan.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 62 ayat (1) Jo Pasal 8 ayat (1) huruf b dan c dan atau pasal 10 huruf a dan e UU RI No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman hukuman lima tahun penjara dan denda paling banyak dua miliar rupiah dan atau Pasal 32 ayat (2) jo Pasal 30 UU RI No 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal dengan ancaman enam bulan penjara dan denda lima ratus ribu rupiah serta pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

[lia]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge