0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPK Terbitkan Sprindik Untuk Eks Walikota Makassar?

merdeka.com
Gedung KPK (merdeka.com)

Timlo.net — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menerbitkan kembali surat perintah penyidikan (Sprindik) untuk bekas Wali kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin. Hal itu dilakukan, lantaran Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Yuningtyas Upiek Kartikawati, menggugurkan status tersangka Ilham dalam kasus dugaan korupsi terkait kerja sama kelola dan transfer untuk instalasi PDAM Kota Makassar.

“Mempelajari putusan (praperadilan) itu, yang kemudian bisa dijadikan dasar untuk menerbitkan sprindik. Tentu sebelum itu dilakukan perlu mencabut sprindik yang tak sah menurut praperadilan,” kata Johan di KPK, Jakarta, Kamis (21/5).

Johan mengatakan, untuk menerbitkan sprindik, pihaknya akan mengirimkan surat ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Di mana isi surat itu meminta salinan putusan praperadilan Ilham.

Pasalnya, semenjak Hakim Upiek mengabulkan gugatan praperadilan Ilham. Pihak KPK belum menerima salinan lengkap dari putusan tersebut.

“Kami belum menerima salinan putusan lengkap dari hakim praperadilan IAS. Itu juga akan segera dibuatkan surat ke PN untuk minta salinan putusan secara lengkap,” terang Johan.

Menurut Johan, salinan putusan Hakim Upiek dibutuhkan sebagai dasar untuk melakukan perlawanan hukum atas putusan praperadilan. Jika salinan putusan itu didapat, lanjut Johan, pihaknya bakal melakukan Kasasi atau Peninjauan Kembali (PK).

[lia]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge