0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Parkir dan Transportasi Publik di Karanganyar Masih Semrawut

Transportasi publik
Transportasi publik ()

Karanganyar — Permasalahan transportasi publik nampaknya menjadi permasalahan serius. Hal ini bisa mengganjal Kabupaten Karanganyar meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun ini.

“Kabupaten Karanganyar harus segera memberikan solusi yang serius untuk masalah transportasi publik ini. Saya lihat masih semrawut dan belum menunjang mobilisasi warganya,” kata Ketua Tim Penilai WTN, Firdaus Rasyad kepada wartawan, Kamis (21/5).

Salah satunya dengan menyediakan transportasi Publik untuk kepentingan masyarakat. Apalagi sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, pemerintah wajib menyediakan transportasi masal untuk masyarakat. Dengan dasar itu maka sudah selayaknya Pemerintah kabupaten Karanganyar segera menyediakan transportasi publik.

Menurutnya jika tidak bisa dilakukan secara mandiri, maka penyediaan transportasi itu dilakukan bersamaan dengan daerah lain dengan model intergrasi. Kondisi wilayah yang ada di Karanganyar dan sekitarnya sangat memungkinkan untuk penyediaan moda transportasi tersebut.

“Kemarin kita ke Terminal Bejen, lha kok ada penumpang yang mau ke Solo namun harus menunggu hingga berjam-jam, ini yang perlu diperbaiki,” ucapnya.

Selain dua masalah besar tersebut, pekerjaan lain yang perlu dilakukan untuk mendapatkan WTN adalah penataan rambu-rambu lalu lintas serta perbaikan marka jalan. Jika Pemkab Karanganyar memiliki komitmen untuk hal tersebut, maka kesempatan untuk mendapatkan WTN semakin besar.

Sementara itu Bupati Karanganyar, Juliatmono, menyebutkan dalam waktu dekat ini bakal menyelesaikan PR yang diberikan oleh Kemenhub tersebut. Diantaranya adalah penataan parkir, pemberian ruang untuk pengguna jalan serta perbaikan rambu dan marka. Sebenarnya, anggaran untuk hal tersebut sudah dianggarkan pada tahun ini, hanya saja belum dikerjakan.

“Sudah masuk perencanaan dan ini sudah proses, dalam waktu dekat ini segera kita selesaikan,” tegasnya

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge