0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Karanganyar Didesak Segera Perbaiki Sistem Transportasi Umum

Terminal Bejen (timlo.net/nanang)

Karanganyar — Tim Penilai Wahana Tata Nugraha (WTN) meminta Kabupaten Karanganyar segera  menyelesaikan berbagai permasalahan mengenai lalu lintas selama satu bulan kedepan. Hal itu penting dilakukan jika ingin kembali mendapatkan penghargaan WTN pada tahun ini.

“Penataan parkir yang ada di Bumi Intan Pari masih semrawut. Penataan parkir yang ada di bahu jalan kurang sempurna yakni penempatan mobil belum sesuai dengan aturan yang ada,” kata Ketua Tim Penilai WTN, Firdaus Rasyad.

Jika merujuk pada aturan, kata Firdaus Rasyad, penataan parkir mobil di bahu jalan harus diperhatikan mengenai sudut penempatan mobil, apakah serong atau lurus. Tidak hanya itu di setiap lahan parkir tersebut harus dilengkapi dengan garis marka. Sehingga posisi mobil yang parkir lebih tertata dan lalu lintas tidak terlalu terganggu.

“Seharusnya ada ruang satuan parkir yang disediakan, namun jika tidak ada maka yang perlu diperhatikan adalah penataannya harus sesuai dengan aturan,” katanya.

Selain masalah parkir, pekerjaan yang perlu diselesaikan adalah penataan angkutan umum di Karanganyar. Berdasarkan penilaian yang dilakukan olehnya, angkutan umum yang ada kurang maksimal dan belum bisa membantu mobilitas masyarakat dengan baik.

Dari penelusuran yang dilakukan jumlah angkutan terlalu sedikit, baik yang beroperasi di dalam kota maupun untuk angkutan yang beroperasi hingga luar kota. Dengan kondisi itu menurutnya membuat waktu tunggu yang dibutuhkan para pengguna untuk menaiki moda transportasi itu menjadi lebih lama.

“Seharusnya waktu tunggu itu lebih pendek, sehingga bisa membantu masyarakat untuk bermobilisasi, baik untuk kepentingan kerja, sekolah, maupun untuk kepentingan lainnya,” jelas Firdaus.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge