0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkades Serentak Terpaksa Ditunda 2016

Ilustrasi Pilkades (timlo.net/nanin)

Boyolali — Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) sembilan desa yang rencananya akan digelar tahun ini terpaksa ditunda tahun depan. Penundaan dilakukan karena bertepatan dengan pilkada yang akan digelar 9 Desember mendatang.

“Sesuai instruksi bupati, pilkades kita tunda tahun depan,” ujar Kabag Pemerintahan Desa¬† (Pemdes), Arif Wardianta, Kamis (21/5).

Dijelaskan, saat ini sembilan desa belum memiliki kades definitif dan masih dipegang pejabat sementara. Imbas dari penundaan tersebut, pj di sembilan desa akan diperpanjang. Selain sembilan desa, tahun depan juga ada dua kepala desa yang masa jabatanya habis. Dua desa tersebut Desa Temon, Sambi, dan Desa Manggis, Mojosongo.

“Tapi itu belum termasuk kades Tarubatang, Selo, sekarang kan masih dalam proses hukum atas kasus dugaan surat keterangan palsu,” tambahnya.

Selain kekosongan jabatan kades di sembilan desa, ada sekitar 150-an posisi perangkat desa yang juga vakum. Nantinya, pengisian jabatan perangkat desa tersebut juga akan ditunda 2016. Dijelaskan juga, agenda Pilkades serentak semula direncanakan selama tiga gelombang yakni ditahun 2015, 2017 dan 2019 . Namun, karena adanya pilkada di 2015, maka pilkades gelombang pertama ditunda tahun depan.

“Tahun ini kita fokus pada Pilkada,” tandas Arif.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge