0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terbentur Anggaran, Pelantikan PPK PPS Terlambat

Setelah sempat tertunda,KPUD akhirnya melantik 95 anggota PPK dan 810 anggota PPS (timlo.net/nanin)

Boyolali — Tak kunjung cairnya anggaran Pilkada untuk KPU Boyolali, mengakibatkan pelantikan PPK dan PPS terlambat. Pelantikan mestinya sudah diselenggarakan Senin kemarin, namun baru, Rabu (20/05) pelantikan digelar.

“Baru bisa kita gelar hari ini, setelah anggaran cair,” ujar Ketua KPUD Boyolali, Siswadi Sapto, ditemui disela-sela pelantikan di Wisma Haji.

Dijelaskan, dari anggaran yang telah disetujui Pemkab Boyolali senilai Rp 18,69 Milliar, saat ini baru cair Rp 14 Milliar, anggaran tersebut diambilkan dari APBD Murni 2015. Sedangkan untuk sisanya, nanti akan dicairkan setelah APBD Perubahan.

Sementara itu, untuk anggota PPK sebanyak 95 orang dan PPS 810 orang yang dilantik, didominasi wajah baru. Untuk anggota PPK, hampir 95persen merupakan wajah baru. Namun mereka sebagian besar pernah menjadi anggota PPS sehingga mempunyai pengalaman dalam tahapan Pilkada.

“Kita terbentur aturan PKPU yang baru, dimana anggota PPK tidak boleh menjabat lagi setelah dua periode,” tambahnya.

Meski merupakan wajah baru, diakui Siswadi, hal itu tidak akan menjadi kendala. Pasalnya, setelah pelantikan, anggota PPK dan PPS ini akan mengikuti bintek.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge