0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Jajaki Utang Bank Dunia

merdeka.com
bank dunia. worldbank.org (merdeka.com)

Timlo.net – World Bank (Bank Dunia) menawarkan pinjaman kepada Indonesia sebesar USD 11 Miliar. Tawaran tersebut diajukan pihak Bank Dunia saat mengunjungi ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) di istana negara kemarin.

“Yang namanya lembaga multilateral itu pasti bunganya lebih rendah dari market. Sudah itu saja,” ujar Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Kamis (21/5).

Bambang menambahkan, tawaran pinjaman sebesar USD 11 Miliar dari Bank Dunia akan dialokasikan untuk proyek pembangunan pemerintah.

“Itu kan disediakan ceiling atau plafon kita pakainya sesuai kebutuhan kita, pokoknya sesuai kebutuhan kita, itu kan masih 3 tahun 4 tahun ke depan,” tegasnya.

Bambang pun mengaku lupa terkait besaran total pinjaman yang telah dilakukan Indonesia kepada World Bank.

“Lupa saya (total pinjaman Indonesia kepada World Bank),” tandasnya.

Seperti diketahui, dari rencana pinjaman utang sebesar USD 11 Miliar, USD 8 Miliar berasal dari Bank Dunia (International Bank for Reconstruction and Development atau IBRD), dan USD 3 Miliar dari International Finance Corporation (IFC) dan Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA).

Tujuan utama pinjaman Kelompok Bank Dunia ini adalah mengakhiri kemiskinan ekstrem pada tahun 2030 dan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan dari 40 persen penduduk termiskin di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge