0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Cara Membedakan Beras Asli Dengan Beras Plastik

dok.merdeka.com
Dugaan beras imitasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Beredarnya beras sintetis berbahan plastik meresahkan warga. Ada cara membedakan beras palsu itu secara kasat mata. Kepala Bagian Pengujian Laboratorium Sucofindo, Adisam menjelaskan, cara membedakan beras buatan dioplos dengan beras alami dari bentuk fisiknya.

“Letakkan beras itu di atas kertas atau meja, lalu pilah. Bila terdapat bentuk beras tanpa memiliki lengkungan di bagian ujung, lentur, tanpa ada titik putih di tengahnya, dan cenderung lebih bersih bisa dikategorikan sebagai beras palsu,” kata Adisam, Kamis (21/5).

Menurut Adisam, karakter fisik beras palsu memiliki perbedaan dengan yang alami. Beras sintetis bentuknya cenderung lurus sempurna tanpa ada titik putih. Dia menambahkan, beras asli memiliki bentuk sekam dan rupa mengapur.

Cara lain membedakan beras asli dan palsu, lanjut Adisam, juga bisa dilakukan dengan cara memasak serta pencucian dengan menggunakan air.

“Deteksi dini bagi masyarakat, kalau sudah sering masak kelarutannya berbeda. Dia cenderung menggumpal, meski telah lama dimasak,” ujar Adisam.

Adisam meyakini, beras plastik dibuat dengan menggunakan bahan baku pembuatan kabel, keramik, dan pipa paralon. Setelah jadi, hasilnya dicampur dengan beras alami.

“Senyawa kimianya memiliki unsur BBP, DEHP, DIMP untuk pembuatan polyvinyl chloride, dan dicampur dengan senyawa kimia pelentur plastik,” tutup Adisam.

[ary]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge