0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kopi Kurangi Resiko Impotensi Hingga 42 %

Dok: Timlo.net/ Flickr.
Kopi. (Dok: Timlo.net/ Flickr.)

Timlo.net—Sebuah penelitian menyatakan pria yang minum dua cangkir kopi per hari terhindar dari resiko menderita disfungsi ereksi.

Menurut data NHS, satu cangkir kopi instan mengandung sekitar 100 mg kafein, sementara secangkir kopi mengandung 140mg. Segelas teh mengandung 75 mg kafein dan sekaleng cola mengandung 40 mg kafein.

Para peneliti menyimpulkan pria yang minum antara 85 hingga 170mg kafein setiap hari mengalami penurunan resiko terkena impotensi hingga 42 persen. Bahkan pria yang kelebihan berat badan, obesitas atau memiliki tekanan darah tinggi bisa mengurangi resiko disfungsi ereksi jika minum satu atau dua cangkir kopi per hari. Mereka yang minum antara 171 hingga 303 mg kafein per hari mengalami penurunan resiko hingga 39 persen.

Sayangnya pria penderita diabetes tidak bisa merasakan manfaat kopi untuk melawan impotensi dan disfungsi ereksi. Para peneliti dari University of Texas, Amerika Serikat (AS) menyimpulkan kafein memicu serangkaian efek yang membuat arteri di alat kelamin pria rileks. Hal ini pada akhirnya memperlancar aliran darah di alat kelamin.

Penelitian itu menyelidiki data dari sekitar 4 ribu pria dan menggunakan catatan makanan 24 jam. Mereka menghitung jumlah konsumsi kopi, teh dan soda rata-rata per hari. Dr. David Lopez, pemimpin penelitian berkata: “Walaupun kita melihat adanya pengurangi yang besar terhadap resiko disfungsi ereksi pada pria yang obesitas, kelebihan berat badan dan hipertensi, hal serupa tidak dialami penderita diabetes. Penyakit gula ini merupakan faktor resiko paling kuat untuk disfungsi ereksi, jadi hal ini tidak mengejutkan.”

Kopi juga pernah dihubungkan dengan pengurangan resiko serangan jantung dan melindungi diri dari demensia, diabetes tipe 2 dan bahkan kanker kulit. Efek-efek positif ini umumnya ditemukan pada kafein yang terdapat dalam biji kopi. Kopi juga mengandung beragam antioksidan dan zat kimia tanaman yang membuat minuman ini memiliki rasa pahit dan bau khas.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge