0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Dapat Lahan, 6 KK Transmigran Karanganyar Pulang

dok.timlo.net/gg
Kantor Dinsosnakertran Kabupaten Karanganyar (dok.timlo.net/gg)

Karanganyar — Tidak mendapat lahan, sebanyak 6 Kepala Keluarga (KK) dari 10 KK warga Karanganyar yang ikut program Transmigrasi, dipastikan akan pulang ke wilayahnya masing-masing. Dari 10 KK yang berangkat transmigrasi tahun 2013 di Kelurahan Kedataran, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, Sumatera Barat, 6 KK yang dipastikan akan pulang ke wilayahnya masing-masing. Belum mendapatkan lahan untuk usaha.

“Tidak hanya belum mendapatkan lahan, mereka akan dipulangkan karena lahan tanah yang dijadikan sebagai tempat usaha itu miring, dan rawan longsor, bahkan ada juga yang masih bersengketa,” terang Kepala Dinas sosial dan tenaga kerja transmigrasi (Dinsosnakertran) Kabupaten Karanganyar, Agus Heru Bindarto kepada wartawan, Kamis (21/5).

Lebih lanjut dikatakan Agus, sebelumnya ke 10 KK dari Karanganyar tersebut berangkat bersama 77 KK, yang berasal dari wilayah Jawa Tengah. Masing – masing KK, diberikan lahan sebesar kurang lebih 1,5 hektar untuk usaha dipidang pertanian. Lantaran lahan tersebut tidak produktif dan berbahaya, maka pihak dari dinas setempat, merencanakan akan memulangkan para transmigran.

Sementara itu, Staf Transmigrasi Widianto, mengungkapkan setelah nanti kabar tersebut jelas dan para transmigran dipulangkan. Kalaupun nantinya pihak dari pemerintah wilayah setempat mampu untuk memenuhi hak dari para transmigran. Maka dimungkinkan, mereka nanti akan dikembalikan lagi.

“Kalau hak mereka nanti sudah dipenuhi nanti bisa kembali ke sana, dan tentunya mereka juga harus ada jaminan hidup setahun,” terang Widianto.

Melihat hal tersebut, Dinsosnakertran Kabupaten Karanganyar akan mengupayakan dan mengkoordinasikan ke Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Karena segala ketentuannya yang akan mengurusi adalah dari pihak kementrian.

“Secepatnya kita akan koordinasikan ke Provinsi untuk dibawa ke Pusat,” singkat Widianto

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge