0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Saatnya Kebangkitan Mahasiswa Berkualitas

Wakil Rektor I UNS, Prof Drs Sutarno MSc PhD (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Wakil Rektor I UNS, Sutarno menyatakan, saat ini sudah saatnya kebangkitan mahasiswa yang berkualitas. Menurutnya, selama ini masih ada yang belum memikirkan kualitas.

“Artinya yang lulus ikut lulus, temannya nilai naik ikut naik. Hanya ikut-ikutan saja. Maksud saya naik berkualitas,” ujar Sutarno saat berbicara terkait Kebangkitan Nasional, di Kampus UNS, Solo, Rabu (20/5).

Kalau sudah ada rasa kebangkitan dalam diri mahasiswa, dan terus bangkit, maka kata Sutarno, tentu ada perbaikan terus menerus berkaitan dengan kualitas. Tidak sekadar lulus, atau nilai naik. Tetapi kualitas daripada lulusan atau peningkatan nilai itu ada.

Sutarno menyatakan, mahasiswa harus mau memperbaiki diri, baik cara pola belajar, pola bekerja, pola penelitian, pola pengabdian kepada masyarakatnya, dan sebagainya, harus ditingkatkan. Minimal mengetahui standar, dan ditingkatnya berada diatas standar.

Menurut Sutarno, sebagai mahasiswa tidak hanya belajar saja, justru mahasiswa harus bangkit terutama dalam softskillnya. Kalau sampai nantinya lulus, dan tidak memiliki softskill maka bakal kerepotan. Sebab dalam dunia kerja sekarang tidak hanya menghendaki secara intelektual juga bagus, tetapi softskillnya juga bagus.

“Misalnya untuk mengasah softskill dengan ikut unit ketrampilan mahasiswa (UKM) dan sebagainya. Dengan begitu, leadershipnya kena, communication kena, team work kena dan sebagainya. Sehingga ilmunya bisa
mumpuni, dan berkualitas,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge