0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cek Kesiapan Pengalihan Pengelolaan SMA, DPRD Jateng Sambangi Disdik Klaten

Dari kanan no dua, Kepala Disdik Klaten Pantoro, dan Wakil Ketua Komisi E DPRD Jateng, Joko Purnomo (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten – Rombongan Komisi E DPRD Jawa Tengah yang dipimpin Wakil Ketua Komisi, Joko Purnomo melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten di Jalan Pemuda Selatan, Selasa (19/5) siang.

“Berdasarkan hasil rapat kerja komisi E, kedatangan kami ke Klaten untuk memantau kesiapan UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dimana salah satu konsekuensinya, pengalihan kewenangan mengelola sekolah menengah atas (SMA) sederajat dari pemerintah kabupaten ke pemerintah provinsi,” kata Joko Purnomo.

Mengacu pada UU tersebut, pengelolaan SMA sederajat berpindah ke pemprov maksimal dua tahun. Artinya, meski sekarang pengelolaan masih di tangan pemkab Klaten, namun peralihan itu paling lambat pada Oktober 2016 mendatang.

“Seperti disampaikan Kepala Disdik Klaten, ternyata Klaten malah mendukung sepenuhnya rencana pengalihan itu. Pasalnya, bila diambil provinsi, toh yang memanfaatkan adalah masyarakat klaten itu sendiri. Belum lagi dari sisi beban keuangan yang malah berkurang,” tambahnya.

Namun demikian, Joko mewanti-wanti Disdik Klaten agar tepat waktu menyelesaikan proses pengalihan tersebut.

“Di masa transisi dua tahun ini, kami berharap masalah personel atau PNS dan aset harus dikerjakan secara hati-hati. Jangan sampai malah tidak terselesaikan,” ujarnya.

Menanggapi itu, Kepala Disdik Klaten, Pantoro menerangkan, pihaknya akan segera melakukan inventarisasi.

“Mulai pertengahan tahun, kami segera mulai menginventarisir  jumlah sekolah, siswa, tenaga pendidik dan kependidikan, serta aset sekolah tingkat SMA/SMK sederajat di Klaten. Sehingga, bulan Oktober 2016 mendatang dpaat clear,” terangnya.

Selain memantau kesiapan kewenangan mengelola SMA, rombongan Komisi E DPRD Jateng juga memantau kesiapan Ujian Sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan hasil Ujian Negara jenjang SMP dan SMA sederajat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge