0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Organda Dorong Revitalisasi Angkutan Umum Untuk Mengurai Kemacetan

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Organda, Eka Sari Lorena Soerbakti (timlo.net/setyo puji s)

Solo – Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda) dorong pemerintah untuk melakukan revitalisasi angkutan umum. Hal itu diperlukan agar ada perbaikan moda transportasi serta mengurangi kemacetan di jalan raya.

“Sekarang ini angkutan umum belum menjadi moda transportasi primadona di masyarakat, karena aksesnya yang susah serta pelayanan yang diberikan belum sesuai seperti yang diharapkan,” ujar Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Organda, Eka Sari Lorena Soerbakti saat ditemui wartawan disela kunjunganya di rumah Dinas Walikota Solo, Selasa (19/5).

Ia menuturkan, untuk mengatasi hal tersebut sangat diperlukan sebuah kebijakan dari pemerintah agar jarak atau gap antara angkutan umum dengan mobil pribadi tidak semakin jauh, sehingga bisa menekan kemacetan di jalan raya.

“Yang diperlukan untuk melakukan revitalisasi angkutan umum saat ini ada dua cara yaitu pemberian insentif buat angkutan umum serta menekan peredaran mobil pribadi. karena semua negara juga melakukan hal demikian,” jelasnya.

Dirinya mencontohkan jika Singapore untuk pembelian mobil pribadi sangat diperketat yaitu dengan cara biaya yang dikeluarkan tidak sedikit karena masyarakat selain membayar mobil juga disuruh membeli ijin.

“Namun kondisi di Indonesia justru sebaliknya, kredit mobil dipermudah, harga mobil sangat murah sementara angkutan umum dibiarkan begitu saja tanpa diberi bantuan meskipun itu untuk angkutan masal,” ungkapnya.

Melihat regulasi yang ada masih tumpang tindih serta membingungkan ini dirinya berharap kedepan pemerintah bisa segera melakukan evaluasi kebijakan dan  organda mestinya dilibatkan dalam membuat kebijakan agar solusi yang dihasilkan bisa lebih baik dari sebelumnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge