0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiap Tahun, Dewan Pers Terima 500 Aduan

dok.timlo.net/daryono
Bagir Manan (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Setiap tahunnya, Dewan Pers rata-rata menerima 500 aduan dari masyarakat menyangkut persoalan pers. Banyaknya aduan yang masuk dipandang bagus sebagai bentuk kontrol masyarakat terhadap pers.

“Pengaduan ke dewan pers cukup banyak, 500 tiap tahun. Dan itu bagi dewan pers hal yang baik. Menunjukkan cara masyarakat menjaga pers agar tetap sehat,” kata Ketua Dewan Pers, Bagir Manan, kepada wartawan, Selasa (19/5) di sela Sarasehan Dewan Pers dengan Komponen Pers di Monumen Pers Solo.

Dari 500 aduan itu, lanjut Bagir, setelah ditelaah tidak semuanya merupakan persoalan menyangkut pers. Beberapa aduan merupakan persoalan lain. Lembaga yang diadukan pun bukan lembaga pers.

“Tetapi, semua kita layani. Keluhan yang soal pers ya kita undang, kita dengar keterangannya. Terkadang, bila diperlukan, Dewan Pers yang pergi ke daerah menindaklanjuti aduan itu,” jelasnya.

Ditanya apakah 500 aduan tergolong banyak atau tidak, Bagir menyatakan tidak bisa menilai dari sisi tersebut.

“Bagi saya kalau nggak ada (aduan) itu bagus, tetapi nggak bagus juga kalau nggak aduan itu karena nggak ada yang berani melaporkan,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge