0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anggaran Belum Cair, KPU Ancam Hentikan Tahapan Pilkada

dok.timlo.net/red
Ketua KPU Kota Solo, Agus Sulistyo (dok.timlo.net/red)

Solo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mengancam akan menghentikan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) jika pada Sabtu (23/5) anggaran Pilkada belum bisa dicairkan. Hal itu disampaikan Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo saat menemui Pimpinan DPRD Solo,Selasa (19/5) di gedung dewan.

“Sabtu itu kita sampai ke pelantikan PPS (Panitia Pemungutan Suara). Setelah itu kita tidakbisa gerak lagi karena memang anggarannya sudah tidak ada. Jadi, tahapannya yaterpaksa dihentikan,” kata Agus kepada wartawan, Selasa (19/5).

Hingga saat ini, terang Agus, KPU belum menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah(NPHD). Dengan demikian, anggaran Pilkada yang dijanjikan Pemkot belum bisa dicairkan. Sementara, KPU sudah melakukan beberapa tahapan di antaranya perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS. KPU mengaku sudah tidak mampu lagi melanjutkan tahapan dengan mencari dana talangan seperti yang dilakukan saat ini.

“Memang ada anggaran APBN. Tetapi itu tidak boleh untuk Pilkada. Sudah ada posnya, misalnya untuk pembelian ATK selama satu tahun. Untuk Pilkada itu kewajiban APBD,” ungkapnya.

Agus juga menyebut Pemkot nampaknya belum mengetahui mekanisme hibah untuk Pilkada yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 57 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 44 tentang Pedoman Pengelolaan Belanja Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Dalam aturan itu, hibah ke KPU harus dilaporkan ke KPU pusat untuk kemudian diregister di Kementerian Keuangan.

“Setelah mendapat register dari Kemenkeu, anggaran tersebut masuk dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) KPU untuk kegiatan KPU daerah. Baru setelah itu, KPU daerah bisa mencaikan anggarannya di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Kami sudah mencoba membuat draf yang sesuai aturan baru tetapibelum bias diterima,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge