0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jenazah Eri Berhasil Diangkat ke Bibir Kawah Merapi

dok.timlo.net/nanin
Petugas dan relawan siaga di New Selo,menunggu kedatangan tim SAR yang membawa jenazah Ari (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Tim SAR berhasil mengangkat Eri Yunanto (21) warga Sleman ke bibir kawah Gunung Merapi,Selasa (19/05) pukul 11.40 WIB. Sekitar pukul 13.15 WIB,jenasah Eri sudah sampai di Pasar Bubrah.

“Sampai ke Pos evakuasi sekitar 3 jam,” ungkap PLH BTNGM Tri Atmojo, Selasa (19/05)

Sementara itu, Komandan Tim Operasi Evakuasi, Suwiknya menerangkan, proses evakuasi vertikal hari ketiga dimulai tepat pukul 09.27 WIB untuk melanjutkan proses pengangkatan jenazah Eri yang pada evakuasi hari kedua kemarin sudah berhasil diangkat 50 meter dari lokasi jatuh di dasar kawah.

Jenasah Eri saat itu digantungkan di lokasi yang aman menyusul operasi dihentikan. Pengangkatan korban menggunakan sistem hauling, yakni pengangkatan vertikal dengan tali temali. Proses pengangkatan dilakukan secara estafet untuk mengambil korban yang berada di kedalaman 200 meter dari bibir kawah.

“Kita siapkan evakuasi membawa korban dari puncak ke bawah,” terang Suwignya.

Diterangkan, kondisi suhu saat proses pengangkatan berkisar antara 30 hingga 37 derajat Celsius. Tim evakuasi tak turun ke dalam kawah, sebab pemasangan tali-temali untuk proses evakuasi vertikal dan penyiapan jalur evakuasi sudah dipersiapkan sehari sebelumnya.

“Proses pengangkatan berjalan lancar,” terangnya.

Operasi pengangkatan korban melibatkan 40 petugas dari SAR Boyolali, SAR Klaten, Basarnas, serta Relawan Barameru. Sesuai arahan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), tim evakuasi melengkapi diri dengan alat survival, termasuk pemakain tabung oksigen hingga baju khusus penahan panas.

Saat ini sejumlah petugas dan relawan masih menunggu di New Selo. Rencananya setiba di New Selo, jenazah akan diserahkan pihak SAR ke pihak berwajib,Polres Boyolali. Setelah itu jenazah korban dibawa ke RS Pandanaran Boyolali untuk dilakukan visum. Baru kemudian diserahkan ke pihak keluarga usai divisum.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge