0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bagir Manan: Pers Jangan Hanya Memberitakan

dok.timlo.net/gg
Ketua Dewan Pers Prof Dr Bagir Manan (dok.timlo.net/gg)

Solo — Pers harus mendorong pemerintah untuk bisa mencapai tujuan negara terutama untuk mensejahterakan rakyat. Peran pers dalam mendorong kesejahteraan rakyat itu merupakan tanggung jawab pers dalam persoalan berbangsa dan bernegara.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pers Prof Dr Bagir Manan saat ditemui di sela Sarasehan Dewan Pers dengan Komponen Pers dengan tema “Kebangkitan Nasional, Kebangkitan Spirit Pers Sebagai Agen Perubahan Bangsa” di Monumen Pers Solo, Selasa (19/5).

“Barangkali soal demokrasi banyak yang sudah kita capai, tetapi soal kesejahteraan masyarakat masih banyak yang harus kita kerjakan. Dan pers tidak boleh sekedar memberitakan tetapi harus ambil bagian,” kata Bagir.

Lantaran hal itu, sambung Bagir, dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, Dewan Pers menggelar sarasehan dengan komponen pers. Tidak sekedar membincang urusan rumah tangga pers tetapi juga membicarakan fungsi sosial pers dalam berbangsa dan bernegara.

Disinggung posisi pers saat ini dalam pemerintahan, Bagir menyatakan pers saat ini masih mampu mempertahankan independensinya dari berbagai kekuatan termasuk pemerintah. Independensi itu tidak dalam posisi menjaga jarak dengan pemerintah tetapi dalam koridor menjalankan fungsi masing-masing.

“Sampai hari ini saya berpendapat pemerintah cukup memahami posisi pers sebagai lembaga sosial yang independen,” jelas dia.

Sarasehan Pers itu diikuti puluhan elemen pers dari wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sarasehan menghadirkan beberapa pemateri, di antaranya Anggota Dewan Pers Yoseph Stanley Adi Prasetyo dan Dosen Komunikasi Politik UIN Jakarta Dr Gun Gun Heryanto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge