0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rumah Perumus UUD 45 Menjadi Start Napak Tilas Harkitnas

timlo.net/putra kurniawan
peserta napak tilas (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Ratusan warga Sukoharjo dari berbagai elemen masyarakat mengikuti napak tilas dalam rangka hari Kebangkitan Nasional. Start diambil dari rumah tempat kelahiran Prof Mr Dr Soepomo pahlawan nasional perumus Undang-undang Dasar 1945.

“Prof Mr Dr Soepomo seorang pahlawan nasional dari Sukoharjo, jadi sudah sepantasnya kita meneladani dan meneruskan cita-cita pahlawan. Seperti dengan napak tilas ini sebagai wadah untuk menghargai jasa para pahlawan,” kata Komandan Kodim 0726 Sukoharjo, Letkol Inf Riyanto, Senin (18/5).

Sebagai putra keluarga priyayi, Soepomo berkesempatan meneruskan pendidikannya di ELS (Europeesche Lagere School) di Boyolali (1917), MULO (Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs) di Solo (1920), dan menyelesaikan pendidikan kejuruan hukum di Bataviasche Rechtsschool di Batavia pada tahun 1923. Ia kemudian ditunjuk sebagai pegawai negeri pemerintah kolonial Hindia Belanda yang diperbantukan pada Ketua Pengadilan Negeri Sragen (Soegito 1977).

Sementara, ratusan peserta napak tilas ini memakai pakaian layaknya pejuang pada massa perjuangan merebut kemerdekaan. Dengan mebawa bambau runcing dan bendera Merah Putih, mereka akan melakukan napak tilas selama 3 hari melalui rute Sukoharjo, Sonorejo dan Polokarto sampai akhirnya finish di Pemkab Sukoharjo saat Upacara peringatan Harkitnas (20/5).

“Jadikan napak tilas ini sebagai cermin dari seseorang yang pernah berbuat sesuatu, yang dapat di jadikan contoh karena kerelaan, keikhlasan, dedikasi dan semangat pantang menyerah untuk kepentingan orang banyak, bangsa dan negaranya,” tandas Dandim.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge