0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lagi, Polisi Gagalkan Ilegal Loging

timlo.net/agung widodo
ilustrasi (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Jajaran Polres Sragen kembali berhasil menggagalkan penyelundupan 69 batang kayu jati ilegal yang diduga hasil penjarahan lahan milik Perhutani di Kecamatan Jenar. Puluhan batang kayu itu disita dalam sebuah operasi penggerebekan di Jalan Jenar-Banyurip, Dukuh Krakal, Desa Dawung, Jenar.

“Ada dua tersangka yang kita amankan bersama barang bukti kayu yang diangkut senilai hampir Rp 100 juta,” kata Wakapolres Sragen Kompol Yudy Arto Wiyono, Senin (18/5).

Informasi di Polres Sragen, penangkapan bermula dari informasi warga tentang adanya truk pengangkut kayu jati yang sering melintas di jalan Jenar-Dawung. Berbekal informasi itu, tim yang dipimpin Kapolsek Jenar, AKP Handoyo langsung melakukan pengintaian.

Pada Sabtu (16/5) dinihari sekira pukul 03.30 WIB tim mencurigai sebuah truk Mitsubishi AD 1509 HF dan mobil Pikap AD 1926 NE yang membawa tumpukan kayu jati gelondongan. Saat dihentikan dan dilakukan pemeriksaan, ternyata tanpa dokumen dan surat keterangan sahnya hasil hutan (SKSHH).

“Karena tidak bisa menunjukkan dokumen resmi, akhirnya truk dan pemiliknya kita amankan ke Polsek Jenar,” kata Kompol Yudy.

Polisi juga mengamankan dua tersangka, sopir truk, Agus Widodo (38), warga Dukuh Murong RT 15, Desa Kebonromo, Kecamatan Ngarmal dan Sardi (38), warga Kedu RT 7, Desa Banyurip, Jenar. Keduanya bakal dijerat Pasal 88 ayat 1 huruf  a junto pasal 16 UU RI No 18/2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan hasil Hutan, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge