0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendaftar Panwascam Minim

timlo.net/nanin
Pendaftar anggota Panwascam di 19 kecamatan tidak merata, banyak yang tidak memenui jumlah ideal yaitu minimal enam orang (timlo.net/nanin)

Boyolali — Jumlah pendaftar Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pilkada 2015 di Kabupaten Boyolali minim. Mayoritas pendaftar per kecamatan masih kurang dari jumlah minimal yaitu enam orang. Dari 19 kecamatan di Boyolali, hanya beberapa kecamatan saja yang jumlah pendaftarnya sudah dianggap ideal.

“Hanya enam kecamatan yang pendaftarnya lebih dari enam orang,” ungkap Anggota Panwaslu Boyolali, Rubiyanto, Senin (18/5).

Enam kecamatan tersebut, Kecamatan Teras 11 orang, Banyudono 8 orang, Juwangi, Sawit dan Sambi masing-masing 7 orang, dan Karanggede 6 orang. Meski nantinya hanya diambil tiga kandidat, namun ada juga kecamatan yang hanya dua pendaftar, seperti Andong. Jumlah pendaftar yang kurang dari minimal 6, nantinya akan menyulitkan pihaknya dalam melakukan penjaringan.

“Penyebaranya masing-masing kecamatan belum maksimal,” lanjutnya.

Dari total jumlah pendaftar saat ini sebanyak 116 kandidat, baru 50 kandidat yang sudah mengembalikan formulir berkas pendaftaran. Tercatat, belum ada kecamatan yang pengembalian formulirnya mencapai jumlah ideal, yakni 6 orang. Namun mengingat pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal 22 Mei, ia optimis jumlah kandidat Yang ideal akan terpenuhi.

“Masih ada waktu. Kita ingin menjaring kandidat sebanyak-banyaknya agar ada kompetensi dalam seleksi,” kata Rubi.

Sebelumnya, Ketua Panwaslu Boyolali Narko Nugroho mengatakan, bila sampai akhir waktu pendaftaran jumlah pendaftar Panwascam belum ideal, minimal 6 orang per Kecamatan, pihaknya akan jemput bola ke masyarakat. Pendaftaran akan diperpanjang selama tiga hari sampai dengan 25 Mei berbarengan dengan proses seleksi administrasi.

” Juni, anggota Panwascam harus sudah terbentuk untuk mengejar tahapan Pilkada yang sudah dimulai,” jelasnya.

Untuk tahapan seleksi anggota Panwascam, proses pendaftaran dimulai sejak 11 hingga 22 Mei. 23-25 Mei proses seleksi administrasi. 31 Mei hingga 3 Juni untuk seleksi tes tertulis dan interview. Sedang ditarget maksimal tanggal 10 Juni Anggota Panwascam Pilkada Boyolali 2015 sudah dilantik.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge