0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Petani Gesi Keluhkan Penyakit Asam-asam

timlo.net/agung widodo
Pertemuan Babinsa Koramil 12/Gesi dengan Bapeluh (timlo.net/agung widodo)

Sragen — Babinsa Koramil 12/Gesi Kodim 0725/ Sragen mendapat laporan adanya penyakit asam-asam yang menjangkiti tanaman padi di Kecamatan Gesi. Untuk menindaklanjuti keluhan petani tersebut, Koramil 12/Gesi menghadirkan Bapeluh dan para PPL Kecamatan Gesi untuk memberikan penerangan.

“Karena  Babinsa belum paham betul masalah tehnis pertanian para Babinsa Koramil 12/Gesi diberi kesempatan menanyakan masalah pertanian yang di peroleh dari lapangan kepada Bapeluh,” kata Peltu Suwarno, mewakili Danramil akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan, langkah ini juga untuk menindaklanjuti program dari pemerintah pusat, bahwa TNI dilibatkan untuk menyukseskan program swasembada pangan. Yaitu para Babinsa mendampingi PPL dan memantau penyaluran pupuk bersubsidi agar sampai pada tujuan.

Pada musim tanam kali ini para Babinsa mendapat keluhan dari para petani antara lain padi yang mereka tanam rata-rata merah dan tidak bisa berkembang.

Menanggapi hal itu, Kepala PPL Kecamatan Gesi, Edi Wahono menjelaskan, penyakit yang menyerang tanaman padi saat ini tidak hanya di wilayah Gesi tapi hampir menyeluruh di Jawa Tengah. Akibatnya tanaman padi memerah dan tidak bisa beranak (kerdil) atau istilah dalam pertanian disebut  penyakit asam-asam.

“Untuk mengatasi penyakit asam-asam tersebut agar untuk sementara air dibuang dahulu atau sawah dikeringkan, karena tanahnya lembek. Sebelum menanam padi agar sawah ditaburi tepung dolemit agar tanah menjadi keras sehingga tanaman bisa tumbuh,” jelas Edi Wahono.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge