0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nekat Mendaki, 18 Turis Asing Dipaksa Turun

timlo.net/nanin
Polres Boyolali siagakan petugas di New Selo untuk menghalau pendaki yang nekat ke Gunung Merapi (timlo.net/nanin)

Boyolali — Meski sudah dinyatakan ditutup selama lima hari, ternyata masih ada saja orang asing yang nekat melakukan pendakian ke Gunung Merapi. Polsek Selo menjemput 18 pendaki asing. Sementara delapan orang dari Rusia dan Norwegia diketahui masih berada di atas.

“Kita masih sisir mereka, secepatnya kita minta untuk turun,” ungkap Kabit Shabara Polsek Selo, Aiptu Tri Prihasto, Senin (18/5).

Sementara dari 18 turis asing yang melakukan pendakian diketahui berasalĀ  dari Australia, Inggris dan Singapura. Polsek sendiri bekerjasama dengan pihak koramil untuk segera meminta turis asing yang belum turun agar segera meninggalkan kawasan Merapi.

“Untuk memperlancar evakuasi korban yang terjatuh ke kawah dan tim SAR, segera kita paksa untuk turun,”tambahnya.

Jalur pendakian ke Selo satu-satunya akses hanya bisa dilalui lewat New Selo, untuk itu pihaknya saat ini masih berjaga-jaga di lokasi bila ada pendaki yang nekat naik ke atas. Jalur pendakian ke Merapi sendiri ditutup sementara sejak kemarin oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi. Kawasan Gunung Merapi harus steril dari pendaki selama proses evakuasi korban.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge