0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim SAR Kesulitan Evakuasi Korban

timlo.net/nanin
Titik lokasi korban ditemukan,medan yang curam dan kedalaman mencapai 300 meter menyulitkan tim sar melakukan evakuasi terhadap korban (timlo.net/nanin)

Boyolali — Tim SAR gabungan mengalami kesulitan melakukan evakuasi terhadap pendaki yang terjatuh ke kawah Merapi. Kesulitan yang dihadapi adalah kawah yang terjal dan gas beracun, serta suhu kawah yang mencapai 120 derajat hingga 450 derajat celcius. Selain itu, posisi korban berada di dasar kawah berkedalaman 300 meter.

“Butuh perlengkapan yang memadai, seperti baju dan sepatu tahan panas, kita juga harus memperhitungkan keselamatan tim,” ujar Komandan SAR BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya ditemui di Pos Evakuasi, Senin (18/5).

Dijelaskan, saat ini pihaknya baru dalam tahap pemetaan lokasi untuk mengevakuasi korban. Kondisi kawah sendiri saat ini lebih banyak berupa batuan rapuh dan dasar kawah sudah membeku namun membentuk kawah baru.

“Inikan kawah hidup dan aktif. Harus diwaspadai beberapa kemungkinan yang timbul yang bisa membahayakan tim,” tambahnya.

Tim mengetahui keberadaan diketahui tim pada Minggu sore (17/5) melalui drone alat pengintai berkamera yang diturunkan ke kawah. Namun, tim saat itu belum bisa mengangkat tubuh korban. Upaya evakuasi terus dilakukan hingga korban bisa diangkat dari dasar kawah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge