0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kerjakan US, Siswa SD di Klaten Tertidur di Kelas

dok.timlo.net/aditya wijaya
Siswa SD tertidur saat mengerjakan soal Ujian Sekolah (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Klaten, Pantoro, melakukan inspeksi mendadak (Sdak) pelaksanaan Ujian Sekolah (US) jenjang Sekolah Dasar (SD) tahun 2015 di SD Negeri 2 Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Senin (18/5) pagi.

“Secara umum pelaksanaan pada hari pertama Ujian Sekolah tingkat SD di Klaten berjalan lancar. Semua siswa mengikuti ujian dan tidak ada laporan ketidakhadiran peserta,” kata Pantoro yang didampingi Kepala UPTD
Pendidikan Klaten Tengah, Moch Isnaeni.

Pantoro berharap, selama tiga hari gelaran US, Senin hingga Rabu (18-20/5), dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala apapun. “Kita ingin mensukseskan program dari kementerian pendidikan agar US tahun ini bisa
berjalan jujur dan bersih,” harap dia.

Sementara, Isnaeni menyebutkan, jumlah peserta US tingkat SD di Klaten Tengah sebanyak 1040 siswa. Mereka berasal dari 28 SD negeri dan swasta, namun pelaksanaan US ada di 27 lokasi SD.

“Ada satu sekolah yang digabung dalam mengerjakan soal, yakni SD Alam Harapan. SD berlokasi di utara Stasiun Klaten itu bergabung di sekolah terdekat di SDN 3 Klaten,” kata Kepala UPTD Pendidikan Klaten Tengah itu.

Sedangkan, Kepala SDN 2 Semangkak, Nurlaela Siti Haryati mengatakan, sebanyak 21 siswa disekolahnya mengikuti US. Dari 21 siswa itu, dua diantaranya merupakan siswa berkebutuhan khusus (Inklusi).

“Sejumlah siswa tersebut secara administrasi ditempatkan di dua ruangan, namun dua siswa inklusi terpaksa dipisahkan dari siswa yang lain, karena harus mendapatkan bimbingan khusus dari pembimbing,” kata Nurlaela.

Dari pantauan Timlo.net, ada seorang siswa yang tertidur ketika mengerjakan US mata pelajaran Bahasa Indonesia itu. Walhasil, siswa bernama Aditya Kushindrawan tersebut segera dibangunkan seorang pengawas ujian.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge